PENYERAHAN REMISI UMUM NASIONAL OLEH MENTERI HUKUM DAN HAM RI TERSELENGGARA SUKSES DI LPKA TANGERANG

DSCF8209 WEb

Setiap warga negara berhak mendapatkan dan merasakan euporia kemerdekaan begitu pula dengan warga negara yang sedang menjalani masa hukuman di Lembaga Pemasyarakatan dan Pembinaan di Indonesia. Seluruh warga binaan pemasyarakatan memperoleh hak pengurangan masa pidana dalam bentuk Remisi Umum 17 Agustus sesuai ketentuan yang tertera dalam Undang-undang. Dan pada tahun ini Upacara Penyerahan Remisi simbolis oleh Menteri Hukum dan HAM Ri di selenggarakan secara resmi di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas I Tangerang, Rabu (17/8).

DSCF8196 web

Dalam pidato menteri Hukum dan HAM RI Yasonna Laoly meyampaikan bahwa sebanyak 3.528 Warga Binaan Pemasyarakatan dipastikan menghirup udara bebas pada hari kemerdekaan RI ke 71 hari ini setelah mendapat RU II, sedangkan 78.487 lainnya memperoleh Remisi Umum I dengan besarannya bervariasi antara 1 sampai 6 bulan sesuai dengan masa pidana yang telah dijalaninya. Sehingga ada sebanyak 82.015 orang warga binaan pemasyarakatan yang diberikan remisi di seluruh Indonesia.

Dalam acara tersebut hadir pula Gubernur Banten Rano karno selaku Tuan rumah acara dan sekaligus menyerahkan uang kadeudeh untuk anak didik yang berada di LPKA Klas I Tangerang. Semoga para narapidana setelah mendapatkan pembimbingan dan pembinaan di LAPAS mereka akan berubah menjadi generasi yang lebih baik lagi kedepannya, harap Gubernur Banten Rano karno.

DSCF8222 web

 

Acara penyerahan remisi ini berlangsung meriah dan luar biasa dengan ditampilkannya beberapa pertunjukan seni yang dibawakan oleh warga binaan seperti Pertunjukan Alat Musik Tradisional Angklung oleh kelompok anak didik LPKA Tangerang dan Kolaborasi antara Band, Tarian Tradisional Sumatera Utara dan Papua dengan Perkusi oleh kelompok warga binaan dari LAPAS Wanita Tangerang.

Pada kesempatan itu, anak didik LPKA Tangerang juga menghadiahkan sebuah kenang-kenangan unik hasil karya seni mereka berupa lukisan yang terbuat dari bahan kertas koran bekas kepada Menteri  Hukum dan HAM, Gubernur Banten, dan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. LPKA Tangerang juga memperoleh bantuan dari PT. Astra Honda Motor sebagai salah satu partner terbaik berupan 2 sepeda motor dan 2 set Rak Peralatan Bengkel Lengkap untuk mendukung proses pengembangan pendidikan tingkat SMK yang sudah sekian lama berjalan di LPKA. Usai Acara Menteri Hukum dan HAM RI beserta para tamu undangan meninjau ke lokasi pameran untuk melihat Pameran Hasil Karya Kreatif para warga binaan pemasyarakatan dari beberapa Lembaga Pemasyarakatan.

DSCF8264 WEB


Cetak   E-mail