KADIV KEIMIGRASIAN TINJAU TPI DI PELABUHAN LAUT CIWANDAN

IMG 20210611 WA0044

 

Cilegon - (11/06) Beranjak dari Kanim Kelas II TPI usai meninjau pelaksanaan penerapan Cap Keimigrasian Elektronik bagi Pelayanan Izin Tinggal Keimigrasian, Kepala Divisi Keimigrasian, Ahmad Firmansyah didampingi Kepala Kanim Kelas II TPI Cilegon, Ruhiyat M. Tolib segera menuju Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) di Pelabuhan Laut Ciwandan, Kota Cilegon. 

 

Monitoring dilakukan terkait pemberian pelayanan dan pemeriksaan keimigrasian di TPI Pelabuhan Laut Ciwandan. 

 

Di hadapan Ahmad Firmansyah, Ruhiyat M. Tolib menerangkan bahwa di TPI Laut Ciwandan saat ini sudah dibangun Unit Pelayanan Pelabuhan Terpadu oleh Pelindo, namun belum dilengkapi dengan ruangan khusus (steril area) maupun komputer yang mendukung pelaksanaan tugas Pemeriksaan Imigrasi sehingga pelaksanaan Clearance dilakukan di atas kapal atau di Kantor Imigrasi Kelas II TPI Cilegon. 

 

Selain itu, kurangnya Sumber Daya Manusia untuk pelayanan TPI, maka pelayanan dilakukan mengikuti jadwal kedatangan kapal yang tidak teratur. 

 

Mengenai Pelabuhan Laut Ciwandan sendiri, secara adminisratif, Pelabuhan Ciwandan terletak di Kecamatan Ciwandan, Kota Cilegon dengan jarak sekitar 11 km dari kota Cilegon-Anyer dan mempunyai hubungan akses jalan darat melalui jalan Tol Jakarta-Merak dan berhubungan dengan jalur penyebrangan Merak-Bakauheni/Lampung. 

 

Diresmikan pada tanggal 27 Agustus 1988, Pelabuhan Laut Ciwandan memiliki luas daerah lingkungan kerja daratan 54,7 Ha dan daerah lingkungan kerja perairan sekitar 4.100 Ha. (Humas Kanwil Banten)

 

IMG 20210611 WA0039

IMG 20210611 WA0037

IMG 20210611 WA0036

 

 

 

 

 


Cetak   E-mail