TIM KANWIL BANTEN LAKUKAN PENDAMPINGAN MATURITAS SPIP DAN PENERAPAN MANAJEMEN RISIKO DI RUTAN SERANG

IMG 20200625 WA0007

 

Serang – Hari ini (25/06) Tim Kanwil Banten kembali lakukan pendampingan Maturitas SPIP dan penerapan manajemen risiko sebagai upaya dalam strategi peningkatan skor atau level Maturitas SPIP pada Satuan Kerja di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian. Kepala Bagian Program dan Humas Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten, Agus Suryana, didampingi Kepala Subbagian Program dan Pelaporan, Esy Saidah Syam melaksanakan kegiatan Penilaian Mandiri Maturitas SPIP serta Pendampingan Penerapan Manajemen Resiko di Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Serang.

 

Dalam arahannya Agus Suryana menyampaikan, harus ada Strategi yang diterapkan dalam upaya Peningkatan Maturitas SPIP di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten termasuk seluruh Satuan Kerja yang ada dibawahnya. “Ada 5 Level Penilaian Maturitas yaitu : Level Rintisan, Level Berkembang, Level Terdefinisi, Level Terkelola dan Terukur, serta Level Optimum. Dan dalam mencapai setiap levelnya, tentu perlu adanya praktik pengendalian internal yang efektif, masing-masing personel pelaksana kegiatan yang selalu mengendalikan kegiatan pada pencapaian tujuan kegiatan itu sendiri, evaluasi formal dan terdokumentasi”, ucap Agus.

 

Selain itu, Agus Suryana juga berkesempatan untuk menyampaikan sistematika Penilaian Risiko yang dimulai dari Tabel Pemetaan Risiko pada Rutan Kelas IIB Serang, dimana dalam membuat tabel pemetaan risiko harus mencakup Penilaian risiko yang memuat kesesuaian antara tujuan kegiatan dengan sasarannya. Setelah penetapan tujuan, selanjutnya melakukan identifikasi risiko atas risiko intern dan ekstern yang dapat mempengaruhi keberhasilan pencapaian tujuan tersebut, kemudian menganalisis risiko tersebut. Berdasarkan hasil penilaian risiko inilah diperoleh rata-rata indeks resiko 8,17 dari skala 25 yaitu resiko rendah pada Rutan Kelas IIB Serang.(Humas Kanwil Banten)

 

IMG 20200625 WA0031

IMG 20200625 WA0006

IMG 20200625 WA0030

 

 

 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Cetak   E-mail