SKRINING MASSAL HIV, TB DAN PTM DI RUTAN KELAS I TANGERANG

WEB HIV RT TGR

Tigaraksa, Dalam rangka memperingati HUT RI le- 73, pada hari Rabu 15 Oktober 2018 Rumah Tahanan Negara Kelas I Tangerang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang melalukan kegiatan Skrining Massal HIV, TB serta pemeriksaan PTM (Penyakit Tidak Menular) kepada para tahanan yang menjadi penghuni rutan tersebut.

Kegiatan ini dihadiri oleh karutan bapak Dedi Cahyadi dan dr. Hendra selaku Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Dinas Kabupaten Tangerang serta Bidan yang ada diseluruh Puskesmas.

" Saya sangat berterimakasih atas pelaksanaan kegiatan seperti ini karena melalui kegiatan skrining massal ini akan mewujudkan kondisi Tahanan yang sehat dan saya berharap kegiatan ini terus berkesinambungan" ujar Karutan Dedi Cahyadi dalam sambutannya saat membuka kegiatan tersebut.

Senada dengan apa yang disampaikan Karutan, dr. Hendra yang mewakili Kepala Dinkes Kabupaten Tangerang menyampaikan bahwa " kegiatan ini memiliki beberapa tujuan a.l.: sebagai upaya preventiv dalam penanggulangan bahaya HIV, TB dan PTM serta deteksi dini dalam upaya mencegah meluasnya penyakit tersebut dikalangan komunitas terutama pata tahanan yang merupakan populasi beresiko tinggi dalam penularan penyakit yang ada sehingga sudah menjadi kewajiban pemerintah dalam hal ini Dinkes Kabupaten Tangerang".

Jumlah tahanan yang dilakukan pemeriksaan berjumlah 500 orang dari isi penghuni secara keseluruhan kurang lebih 1200 orang. Pelaksanaan kegiatan tersebut dilaksanakan oleh tenaga medis dan paramedis sebanyak 30 orang meliputi tenaga kesehatan yg berasal dari Rutan maupun Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang. Para warga Binaan Pemasyarakatan merasa senang dengan adanya kegiatan bakti sosial tersebut dan sangat antusias dalam mengikutinya. (Kanwil/Divpas/PIC/15/8/2018).


Cetak   E-mail