Potensi Kekayaan Intelektual, Kenal Ikan Mas Si Nyonya dan Kopi Tuhu Asal Desa Bandung

WhatsApp Image 2024 03 26 at 11.11.22

Potensi Kekayaan Intelektual, Kenal Ikan Mas Si Nyonya dan Kopi Tuhu Asal Desa Bandung

Kab. Serang – Desa Bandung yang terletak di Kecamatan Banjar Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten memiliki potensi kekayaan intelektual yang besar, salah satunya adalah Ikan Mas Si Nyonya dan Kopi Tuhu.

Kepala Desa Bandung, Wahyu Kusnadiharja dalam Sosialisasi dan Diseminasi Merek Kolektif Kemenkumham Banten di Kabupaten Serang, Selasa (26/03/2024) menyebut Ikan Mas Si Nyonya yang merupakan ikan purbakala yang saat ini kembali dibudidayakan.

“Desa Bandung memiliki banyak potensi sumber daya alam yang bisa dikembangkan, seperti contohnya dalam bidang pertanian melalui Kopi Tuhu, perikanan yang saat ini kembali kami budidayakan, Ikan Mas Si Nyonya ikan peninggalan purbakala,” jelasnya.

Ikan Mas Si Nyonya ini memiliki ciri-ciri mata tertutup, postur tubuh yang panjang dengan warnanya yang kuning keemasaan. Menurut Wahyu, Ikan Mas si Nyonya penyebarannya hanya ada di Wilayah Kecamatan Banjar.

Menyadari pentingnya pelindungan kekayaan intelektual, Ikan Mas si Nyonya dan Kopi Tuhu ini sudah didaftarkan mereknya baik oleh UMKM bagi Kopi Tuhu dan oleh Pemerintah Desa untuk Ikan Mas si Nyonya.

Menurut Wahyu, pelindungan kekayaan intelektual ini menjadi hal yang sangat penting. Ia sendiri pernah merasakan pengalaman produk di desanya yang dijiplak oleh orang lain karena tidak dilindungi mereknya.

“Pelindungan merek ini penting sekali, Berdasarkan pengalaman, beberapa merek yang dijiplak orang dan tidak bisa melakukan apapun, untuk itulah saya mendorong pada warga untuk mendaftarkan merek produknya sehingga memiliki pelindungan hukum yang kuat,” jelasnya.

Ia pun menjelaskan dengan menfasilitasi pendaftaran merek bagi para pelaku UMKM ini menjadi salah satu upaya yang dilakukan untuk membangun perekonomian Desa disamping upaya-upaya lain yang dilakukan (Humas Kemenkumham Banten)

WhatsApp Image 2024 03 26 at 11.11.22 2WhatsApp Image 2024 03 26 at 11.11.22 2


Cetak   E-mail