PERESMIAN MASJID BAITUSSALAM LAPAS KELAS 1 TANGERANG KANWIL BANTEN OLEH MENTERI HUKUM DAN HAM RI

8

BANTEN – Selasa (02/04) Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, Yasonna H Laoly meresmikan Masjid Baitussalam Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1 Tangerang. Turut hadir dalam acara ini Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Sri Puguh Budi Utami, Kepala BPSDM Kemenkumham RI Mardjoeki, Anggota DPR RI Marinus Gea, Kakanwil Kemenkumham DKI Jakarta Bambang Sumardiono, para Pejabat Tinggi Pratama unit pusat dan Kanwil Banten, para Kepala UPT se Wilayah Banten dan  Pejabat Administrator dilingkungan Kanwil Kemenkumham Banten.

Acara diawali dengan pembacaan ayat suci Al - Quran dan penampilan Marawis warga binaan Lapas Kelas I Tangerang. Dilanjutkan dengan sambutan Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Banten, Imam Suyudi selaku tuan rumah. “ Masjid Baitussalam ini pertama kali dibangun pada tahun 1980 berdiri diatas lahan 166 m2 dengan daya tampung 200 orang jama’ah. Dengan semakin bertambahnya warga binaan yang sebagian besar umat muslim dan sebagai wujud peningkatan fasilitas, maka dibangunlah masjid dengan konsep bangunan 2 (dua) lantai ini diatas lahan 726 m2 bekerjasama dengan Yayasan Satu Hati Berbakti sebagai pengawas dan pengelola pembangunan.”

“Semoga dengan diresmikannya Masjid Baitussalam pada hari ini dapat meningkatkan daya tampung pelaksanaan ibadah sholat bagi warga binaan serta penyelenggaraan pembinaan kerohanian Islam yang lebih baik di Lapas Kelas I Tangerang,” Ujar Imam Suyudi.

Kemudian acara dilanjutkan dengan peresmian Masjid Baitussalam oleh Menkumham yang ditandai dengan pemotongan pita dan penandatangan batu prasasti. “Masjid merupakan tempat ibadah kaum muslimin yang memiliki peran strategis dalam perkembangan dan peradaban keimanan umat islam. Bukan hanya tempat ibadah tetapi juga berperan sebagai pusat pendidikan dan penyebaran syiar.  Diharapkan dengan berdiri kokohnya Masjid Baitussalam ini dapat membawa kedamaian sebagai wujud refleksi hubungan vertikal bagi Lapas Kelas I Tangerang khususnya kepada pegawai dan warga binaan yang ada disini.,” Pungkas Yasonna.

Diakhir acara, Yasonna H Laoly beserta jajaran menyempatkan diri untuk menyapa dan memberikan wejangan kepada Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas Kelas I Tangerang. (Humas Kanwil Banten)

134711961012131514

Cetak