Serang – Dalam sebuah organisasi, setiap orang memiliki perannya masing-masing. Sekecil apapun kinerja yang diberikan, akan berpengaruh terhadap kemajuan organisasi itu.
Namun, bekerja dan berkinerja saja tidak cukup, untuk menjadi seorang “Jawara”, kita juga harus berprestasi.
Bagaimana cara menjadi berprestasi?
Disampaikan Kepala Divisi Administrasi (Nur Azizah Rahmanawati), untuk berprestasi rumusnya adalah 1T+4K. Apa itu ?
“1T berarti tujuan atau target. Untuk menjadi berprestasi, kita harus memiliki tujuan atau target yang ingin kita capai”, katanya saat memberikan arahan dalam Halal Bihalal jajaran Divisi Administrasi Kanwil Kemenkumham Banten, Senin (29/04) siang.
Nur Azizah bilang, untuk mencapai tujuan atau target itu, ada jimat “4K” yang harus kita lakukan.
Pertama adalah komitmen. Komitmen berarti penerimaan kuat seseorang terhadap suatu tujuan atau nilai-nilai yang terkandung dalam organisasi.
Setelah komitmen, kita harus konsisten. “Konsisten terhadap apa? Tentunya konsisten terhadap komitmen yang telah dibuat diawal”, katanya.
Selanjutnya, adalah komunikasi. Tujuannya, untuk saling berbagi informasi dimana setiap anggota dalam organisasi bisa saling bertukar informasi bahkan bertukar pendapat atau pikiran tentang segala sesuatu yang terkait dengan pekerjaan.
“Komunikasi mungkin mudah diucapkan tapi sulit untuk dilakukan. Nyatanya, selalu saja ada miskomunikasi yang mengakibatkan adanya ketidaknyamanan. Itulah alasan kenapa komunikasi begitu penting dalam sebuah organisasi”, katanya.
Dan terakhir, adalah kolaborasi.
Dalam sebuah organisasi, kita tidak mungkin bekerja sendiri. Setiap dari kita saling membutuhkan satu sama lainnya. Dan prestasi itu bisa diraih dengan kolaborasi yang dilakukan oleh seluruh jajaran Divisi Administrasi khususnya, dan jajaran Kemenkumham Banten pada umumnya.
“Mari satukan langkah, satukan hati, untuk bisa mencapai tujuan organisasi. Berat sama dipikul, ringan sama dijinjing”, pungkasnya. (Humas Kemenkumham Banten)