LAPAS CILEGON GELAR RAPID TEST, GANDENG DINKES PROVINSI BANTEN

WhatsApp Image 2020 05 29 at 17.19.11 3

Cilegon, INFO_Pas - Menjelang masuk new normal yang akan diterapkan Pemerintah, sebanyak 81 Pegawai dan 44 Narapidana Pekerja (yang disebut dengan Tamping) Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Cilegon melakukan Rapid Test. Hal ini merupakan upaya responsif Lapas Cilegon dalam rangka melakukan deteksi dini kepada setiap orang yang reaktif atau non reaktif  yang dapat berpotensi terjangkit Covid-19, pada Jumat (29/05/2020).

Menurut, Kepala Lapas Cilegon, Masjuno bahwasannya kegiatan ini merupakan hasil kerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Banten yang dinaungi oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten. Ia juga menuturkan, pegawai dan tamping dengan hasil reaktif terhadap rapid test akan dikarantina di dalam Lapas pada ruangan isolasi yang telah disiapkan. Setelah itu, mereka akan melanjutkan dengan swab dan tes Polymerase Chain Reaction (PCR).

"Rapid test hanya digunakan untuk screening awal karena bagaimanapun Lapas menjadi salah satu tempat yang rawan penyakit menular. Tentunya ini juga sebagai bahan evaluasi atas berbagai upaya yang telah kita lakukan dalam melakukan pencegahan penuralan Covid-19," ujar Masjuno saat memberikan sambutan sebelum dilakukannya rapid test.

Masjuno juga bersyukur seluruh hasil rapid test pegawai dan tamping menunjukan non reaktif atau tidak terpapar virus corona disease (Covid-19). Tak hanya pegawai dan warga binaan saja, rapid test juga dilakukan terhadap pihak ketiga/ mitra yang setiap hari keluar masuk Lapas.

"Berdasarkan data tersebut seluruhnya dinyatakan negatif (non reaktif) tentu bukan berarti kita terbuai karena bebas dari Virus Corona, lalu kita melupakan protokol kesehatan pencegahan covid-19. saya berharap jangan sampai ada satu orangpun dari kita yang termasuk dalam kategori ODP, PDP atau positif Covid-19, tetap disiplin dan mentaati setiap protokol kesehatan yang telah ditetapkan baik di dalam Lapas maupun luar Lapas", tutup Masjuno.

Kontributor Berita : Humas Lapas Cilegon

WhatsApp Image 2020 05 29 at 17.19.11WhatsApp Image 2020 05 29 at 17.19.11WhatsApp Image 2020 05 29 at 17.19.11


Cetak   E-mail