KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA BANTEN MENYELENGGARAKAN ACARA PRA REKONSILIASI DATA LAPORAN KEUANGAN SEMESTER I TAHUN ANGGARAN 2020.

WhatsApp Image 2020 07 08 at 11.50.22

SERANG - Bertempat di Aula lantai 3 Kanwil Kemenkumham Banten, Kegiatan Pra Rekonsiliasi Data Laporan Keuangan merupakan bagian dari mekanisme fasilitasi penyusunan dan penyampaian laporan keuangan satuan kerja kepada unit akuntansi wilayah yang bertujuan untuk menyamakan data dan persepsi terkait data keuangan maupun data Barang Milik Negara sebagai pertanggungjawaban kinerja pelaksanaan anggaran.

Kegiatan Pra Rekonsiliasi Data Laporan Keuangan akan dilaksanakan selama 2 hari dari tanggal 8 s/d 9 Juli 2020 yang dihadiri oleh Kepala Biro Keuangan Sekretariat Jendera Kemenkumham RI Wisnu Nugroho Dewanto, Kepala Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Banten R. Andika Dwi Prasetya, Kepala Divisi Administrasi Sorta Delima Lumban Tobing, Kepala Divisi Pemasyarakatan Marselina Budi Ningsih, , Tim Inspektorat Jenderal, Tim Direktorat Jenderal Pemasyarakatan dan Tim Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM RI.

Kegiatan diawali dengan laporan yang disampaikan oleh  Kepala Divisi Administrasi selaku Ketua Pelaksana Kegiatan. Dalam paparannya, Kadivmin menyampaikan bahwa Terdapat 4 pesan penting yang harus diingat. ”Saya mempunyai empat pesan penting kepada para peserta, pertama Jadikan kegiatan rekonsiliasi ini sebagai wadah bagi Saudara untuk menjadi operator yang Peofesional sehingga dapat menyusun laporan keuangan yang Akurat dan Akuntabel.” ungkapnya.

WhatsApp Image 2020 07 08 at 11.50.22 5

Sementara itu, Kepala Biro Keuangan Setjen Kemenkumham RI Mengajak para peserta untuk menjadikan kegiatan rekonsiliasi ini sebagai bentuk Sinergitas dan Kolaborasi Berkonerja nya pada seluruh komponen di Lingkungan Kementerian Hukum dan HAM dalam menghasilkan laporan keuangan yang berkualitas, berdasarkan Standar Akuntansi Pemerintah (SAP) dan Laporan keuangan yang telah disusun selanjutnya akan direviu oleh auditor internal yaitu Inspektorat Jenderal. “Saya berharap agar laporan keuangan yang kita sajikan hendaknya lebih Transparan sehingga minim temuan.” tandasnya.

Karo keuangan juga berpesan kepada kantor wilayah untuk memperhatikan tata kelola keuangan yang baik serta mengambil langkah-langkah percepatan penyerapan anggaran melalui refocusing kegiatan dan realokasi anggaran melalui mekanisme revisi anggaran yang cepat, sederhana dan akuntabel. “Dari hasil rakor kemarin tolong kepada seluruhnya untuk memperhatikan tata Kelola keuangan kita dan dalam pembuatan laporan keuangan yang saudara susun, tidak hanya akurat, transparan dan akuntabel tetapi juga Inovatif agar informasi yang Saudara sajikan dapat dengan mudah dibaca dan dimengerti oleh masyarakat luas.” tambah Wisnu.

WhatsApp Image 2020 07 08 at 11.50.22 2

Diakhir paparan Wisnu juga menambahkan kepada seluruh peserta untuk untuk tetap mengoptimalkan potensi yang mereka punya. ”Demi menuju Sumber Daya Manusia yang unggul kita juga harus mengembangkan dan mengoptimalkan potensi yang ada pada diri kita masing-masing agar kita bisa menyelesaikan setiap masalah terkait laporan keuangan yang ada di Kementerian Hukum dan HAM RI khususnya di Wilayah Banten ini.” Tutupnya sekaligus membuka kegiatan Pra Rekonsiliasi Data Laporan Keuangan.

Usai di buka oleh Kepala Biro Keuangan Kementerian Hukum dan HAM RI kegiatan dilanjutkan dengan pedampingan yang dilakukan oleh Tim dari Unit Eselon 1 dan Kantor Wilayah kepada peserta yang merupakan operator aplikasi SIMAK dan SAIBA di unit pelaksana teknis wilayah Banten. (Humas Kanwil Banten)

WhatsApp Image 2020 07 08 at 11.50.22 1WhatsApp Image 2020 07 08 at 11.50.22 1WhatsApp Image 2020 07 08 at 11.50.22 1WhatsApp Image 2020 07 08 at 11.50.22 1WhatsApp Image 2020 07 08 at 11.50.22 1


Cetak   E-mail