BAHAS UPAYA MENANGANI VIRUS CORONA DI LAPAS DAN RUTAN, TIM DITJEN PEMASYARAKATAN KUNJUNGI KANWIL KEMENKUMHAM BANTEN

WhatsApp Image 2020 03 19 at 12.01.17 1

SERANG – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten, Imam Suyudi yang didampingi oleh Plh. Kepala Divisi Pemasyarakatan Yohanes Waskito menerima kunjungan dari Tim dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM RI yang dipimpin oleh Direktur Pembinaan Narapidana dan Latihan Kerja Produksi, Yunaedi pada Kamis (19/03).

Kunjungan pada hari ini membahas terkait keadaan di lingkungan Lembaga Pemasyarakatan dan Rumah Tahanan Negara diwilayah Provinsi Banten dalam mengantisipasi maraknya penyebaran Corona Virus atau Covid-19 .

Semenjak tanggal 18 Maret 2020 seluruh Lapas dan Rutan di wilayah Provinsi Banten sudah membatasi kunjungan langsung dari keluarga. Kunjungan langsung diubah menjadi kunjungan melalui video call.” Kemarin saya sudah survey langsung ke Lapas dan Rutan yang ada di wilayah Tangerang, saya sempat menanyakan kepada warga binaan dengan system kunjungan melalui video call, mereka cukup mengapresiasi dengan berubahnya system kunjungan dengan menggunakan video call.” Ujar Yunaedi.

“Dengan system kunjungan yang ada saat ini hak-hak mereka tidak dirampas, mereka masih bisa menemui keluarganya melalui video call yang disediakan oleh Lapas dan Rutan. Konsep ini menjadi solusi menghentikan penyebaran virus corona di dalam Lapas dan Rutan.”Tutup Yunaedi.

Dalam mengantisipasi penyebaran Virus Corona Kanwil Kemenkumham Banten juga akan membantu pemerintah untuk menyiapkan tempat rujukan untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan Pembentukan Tim Medis Khusus. “Saya rekomendasikan 2 lokasi yang akan diajukan sebagai tempat rujukan PDP yaitu Lapas Pemuda Tangerang dan Lapas Serang, serta membuat tim medis khusus yang ada di lapas dan rutan untuk menangani penyebaran virus corona. Ini adalah bentuk upaya Kanwil Kemenkumham Banten dalam mengatasi penyebaran virus corona.” Ujar Imam. (Humas Kanwil Banten)

WhatsApp Image 2020 03 19 at 12.01.17WhatsApp Image 2020 03 19 at 12.01.17WhatsApp Image 2020 03 19 at 12.01.17WhatsApp Image 2020 03 19 at 12.01.17

Cetak