KEMENKUMHAM PEDULI, KANWIL BANTEN GELAR AKSI TANGGAP BENCANA KORBAN BANJIR DAN LONGSOR KABUPATEN LEBAK

IMG 1748

 

LEBAK - Musibah Banjir Bandang dan tanah longsor yang menimpa Kabupaten Lebak telah memporak porandakan ratusan rumah warga di berbagai titik lokasi berdampak. Hal ini menarik Jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten untuk melakukan aksi cepat tanggap peduli sosial dengan menggalang donasi internal yang langsung disumbangkan untuk warga yang tertimpa musibah sebagai bentuk kepedulian kepada sesama, Jum'at (10/01).

Rombongan yang dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Imam Suyudi ini turut mengikutsertakan jajaran Kepala Divisi, para Kepala Unit Pelaksana Teknis dan seluruh pegawai Kantor Wilayah Kemenkumham Banten untuk bertolak langsung mengunjungi 3 titik lokasi yang terbagi menjadi dua tim. Tim pertama mengunjungi Desa Pajagan Kecamatan Sajira yang berdampak cukup parah dan sempat terisolir dan tim kedua mengunjungi Kecamatan Lebak Gedong dan Pondok Pesantren La Tansa. Kecamatan Lebak Gedong merupakan lokasi terparah karena wilayahnya yang dekat dengan pertambangan liar di Taman Nasional Gunung Halimun Salak dan aliran Sungai Ciberang.

 

IMG 1741IMG 1741IMG 1741IMG 20200106 WA0122

 

Selain bantuan logistik, Kanwil Kemenkumham juga menggandeng PERNAKES (Persatuan Tenaga Kesehatan) dengan melibatkan 26 orang tenaga medis yang terdiri dari 5 orang dokter gigi, 9 dokter umum, 12 orang perawat dan tim Psikolog Kanwil Banten untuk melakukan trauma healing kepada anak-anak korban bencana . Tim medis juga mendirikan posko kesehatan untuk melayani warga yang membutuhkan pengobatan sekaligus fasilitasi obat-obatan secara lengkap.

“Kita membawa misi untuk senantiasa membangun kepedulian terhadap sesama dan meringankan beban saudara kita yang tertimpa musibah. Selain membantu kebutuhan pokok yang disesuaikan dengan kebutuhan para korban, kita juga memfasilitasi pos layanan kesehatan juga melakukan trauma healing kepada anak-anak untuk menghilangkan syok dan mengembalikan kebahagiaan mereka ditengah bencana. Tampak anak-anak sangat gembira dan menyambut kita dengan sangat baik saat mengikuti berbagai permainan yang difasilitasi oleh tim psikolog kita,” Ujar Kakanwil saat ditemui tim humas dilokasi.

Rencananya penyaluran bantuan ini akan dilakukan berkelanjutan agar dapat menjangkau lebih banyak wilayah yang membutuhkan bantuan diberbagai titik lokasi berdampak. (Humas Kanwil Banten)

 

 

IMG 4657IMG 4657IMG 4657IMG 1854IMG 1854IMG 4745

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Cetak   E-mail