Kemenkumham Banten Dukung Pemberdayaan UMKM Untuk Kebangkitan Ekonomi Nasional

IMG 20240207 WA0052

Jakarta - Usaha Mikro Kecil dan Menengah merupakan salah satu tulang punggung perekonomian di Indonesia. Menyadari hal tersebut, Kepala Divisi Administrasi Nur Azizah Rahmanawati menghadiri Dialog Nasional UMKM yang diselenggarakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia. 

 

Dalam keynote speech yang disampaikan Menteri Koperasi & UKM Republik Indonesia Teten Masduki disampaikan bahwa peranan wartawan menjadi faktor dalam mempromosikan produk-produk UMKM. 

 

"Dalam hal UMKM ini para wartawan memiliki peran dalam hal memberikan informasi terkait dengan produk-produk UMKM kepada masyarakat melalui artikel-artikelnya," ujar Teten, Rabu (07/02/2024). 

 

Ia menjelaskan bahwa pada sektor UMKM 64 persen didominasi oleh perempuan dan 1 (satu) dari 3 (tiga) UMKM di dunia di miliki oleh perempuan. Sehingga kegiatan dialog UMKM ini sangat baik sebagai wujud komitmen dalam mendorong penguatan UMKM dan perempuan. 

 

Teten pun menjelaskan tantangan yang dihadapi UMKM serta solusi yang bisa dilakukan dalam menghadapi tantangan tersebut. 

 

"Tantangan yang dihadapi UMKM di Indonesia adalah bagaimana cara agar UMKM bisa lebih produktif dan solusinya adalah dengan memasukkan UMKM ini dalam sektor teknologi informasi," ujar Teten. 

 

Dengan adanya Dialog UMKM ini digagas untuk memberikan pandangan pengalaman dari Menteri Koperasi dan UKM kepada para perempuan mengenai kemajuan yang diberikan UMKM di tengah pembangunan ekonomi yang berkembang pesat. 

 

Dalam keterangannya, Kepala Divisi Administrasi Nur Azizah Rahmanawati menyampaikan mendukung penuh pemberdayaan UMKM terutama dengan banyaknya UMKM di Provinsi Banten. (Humas Kemenkumham Banten)


Cetak   E-mail