Bahas Substansi Tugas dan Fungsi, Kakanwil Berikan Arahan

WhatsApp Image 2024 02 05 at 07.51.59

Serang – Dalam pelaksanaan apel pagi pegawai di Lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Banten, Kakanwil Dodot Adikoeswanto memberikan arahannya terkait dengan pelaksanaan tugas dan fungsi Kemenkumham Banten.

“Tidak terasa hanya tinggal menghitung hari kita akan merayakan pesta demokrasi di Indonesia dengan pelaksanaan pemilu tahun 2024, sesuai dengan tugas dan fungsi kita dalam hal pemasyarakatan, harus kita ingat hak dari warga binaan untuk menggunakan suaranya dalam memilih,” ujar Dodot Adikoeswanto di Lapangan Kolaborasi Kemenkumham Banten, Senin (05/02/2024).

Ia menghimbau agar jajaran pada Divisi Pemasyarakatan yang telah diberikan tanggungjawab pada masing-masing lapas/rutan dapat memahami tugasnya dan mencermati perkembangan yang ada seperti Pengukuhan KPPS, jumlah DPT, jumlah DPTB dan sebagainya.

Melanjutkan, Dodot membahas mengenai pelaksanaan tugas dan fungsi yang ada pada Divisi Pelayanan Hukum dan HAM.

“Kita akan mengukuhkan gugus tugas bisnis dan HAM mohon dicek kembali SK yang telah ada apakah sudah sempurna, dan segera jadwalkan waktu pengukuhannya,” tuturnya.

Selain itu terkait dengan pelaksanaan pelayanan publik berbasis HAM (P2HAM), Dodot menyampaikan bahwa baru 6 (enam) satuan kerja dari 20 (dua puluh) satuan kerja yang meraih predikat P2HAM.

“Kita masih memiliki tugas untuk membawa 14 lagi saatuan kerja kita untuk meraih predikat pelayanan publik berbasis HAM, mohon untuk lakukan penguatan-penguatan terkait dengan teknis yang harus dilakukan satuan kerja,” himbaunya.

Masih pada Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Dodot menyampaikan agar permohonan Indikasi Geografis bagi rambutan parakan dapat terus dikawal hingga tahapan terakhir sehingga bisa lolos sebagai indikasi geografis pertama di Wilayah Banten.

Selanjutnya, Dodot menyampaikan terkait dengan kenotariatan. Ia meminta agar notaris yang berada di masing-masing Kabupaten/Kota di Provinsi Banten dapat didata jumlahnya sehingga sesuai dengan yang ada di lapangan.

Menutup, Dodot menghimbau seluruh jajaran agar melaksanakan tugas dan fungsi dengan sebaik-baiknya dengan mengutamakan kolaborasi dan sinergi antar seluruh jajaran.

Apel pagi turut diikuti oleh Kepala Divisi Administrasi Nur Azizah Rahmanawati, Kepala Divisi Pemasyarakatan Jalu Yuswa Panjang, Administrator, Pengawas, JFT/Pelaksana, PPNPN (Humas Kemenkumham Banten)


Cetak   E-mail