KUNJUNGAN DELEGASI MALAYSIA GUNA PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN NARAPIDANA MALAYSIA DI LAPAS PEREMPUAN KELAS IIA TANGERANG

4

Tangerang – Sebanyak 9 (sembilan) orang perwakilan Lembaga Hakim Pelawat Penjara Malaysia Negeri Kedah Darulaman mengunjungi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Kelas II A Tangerang, didampingi langsung oleh tim dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (8/11), kunjungan ini merupakan rangkaian kegiatan mereka ke Direktorat Jenderal Pemasyarakatan dan UPT Pemasyarakatan wilayah DKI Jakarta dan Banten.  Lembaga Hakim Pelawat Penjara Malaysia adalah sebuah Badan yang di lantik oleh Menteri Dalam Negeri Malaysia yang bertujuan untuk memberikan saran/masukan untuk institusi pemasyarakatan Malaysia guna meningkatkan kualitas layanan narapidana.

Lapas ini  merupakan salah satu yang tertua juga mempunyai perbedaan dari Lapas yang lain yaitu pada bentuk bangunanya dengan penggunaan sistem paviliun sehingga lebih humanis dan tidak terkesan menyeramkan. Pelayanan dan Pembinaan merupakan prioritas kami kepada Warga Binaan yang sudah tertuang dalam peraturan yang berlaku, dengan pembinaan kepribadian dan kemandirian yang maksimal diharapkan menjadi bekal para Warga Binaan kelak.  Kami berharap dengan kunjungan delegasi Malaysia dapat semakin mempererat tali silahturahmi, ungkap Herlin Candrawati selaku Kalapas Perempuan di hadapan para delegasi.

Kegiatan ini juga menampilkan pertunjukan Warga Binaan yaitu tari tradisional sekar parang dan vokal grup yang menyanyikan lagu perbedaan itu indah dan beberapa lagu daerah.

Dalam sambutan ketua perwakilan Lembaga Hakim Pelawat Penjara Malaysia yaitu Dato Ahmad Bin Md Mor mengapresiasi pembinaan, pelayanan juga kebersihan yang baik di Lapas Perempuan walaupun sudah over kapasitas penghuninya juga merupakan masalah yang sama di Malaysia, kesempatan lawatan disini kami banyak mendapat contoh yang baik dalam kegiatan di dalam Lapas, tentunya contoh yang baik ini akan menjadikan masukan bagi kami dan jadikan suatu tauladan di Malaysia. (Kontributor LPP Tangerang/Rusdianto)

222


Cetak   E-mail