TIM DIREKTORAT DERADIKALISASI BNPT SAMBANGI LAPAS SERANG

Kalapas Serang Menerima kehadiran BNPT 2

Serang – Lembaga Pemasyarakatan ( Lapas ) Kelas IIA Serang mendapatkan Kunjungan dari Tim Direktorat Deradikalisasi Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI), Rabu (10/05). Tim yang terdiri dari 4 orang ini segaja datang ke Lapas Serang untuk melakukan koordinasi dan identifikasi pembinaan terhadap dua orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) terorisme khususnya yang ada di Lapas Serang, tim disambut hangat oleh Kalapas Serang Eti Herawati.

Dalam kunjungan tersebut diadakan diskusi antara BNPT dengan petugas Lapas terkait permasalahan yang sering dihadapi dalam proses pembinaan dan pengawasan terhadap WBP kasus terorisme.

Husnal Fikri Selaku Petugas dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen Pas) yang mendampingi Surveyor BNPT menjelaskan, “Kunjungan Identifikasi terhadap Narapidana terorisme ini dilaksanakan untuk mengetahui perkembangan pembinaan dan sharing masalah dan pemecahan masalah dalam menghadapi narapidana terorisme”.

Kalapas Serang Menerima kehadiran BNPT 1

“Kita harus siap dan tidak boleh menolak jika ada napi teroris yang akan di tempatkan di Lapas Serang tetapi ada beberapa kendala yang kami hadapi dalam menangani narapidana terorisme", tutur Eti Herawati. “Pada umumnya narapidana terorisme kurang kooperatif dengan petugas, karena merasa tidak bersalah. Narapidana teroris cenderung melakukan radikalisasi terhadap narapidana lain, ditambah kelebihan kapasitas sehingga menyulitkan penempatan narapidana terorisme” Tambah Eti.

Kalapas Serang Menerima kehadiran BNPT

Kalapas berharap dengan hadirnya Tim Deradikalisasi ini dapat bermanfaat seta membantu dalam menentukan program dan pola penanganan khususnya terhadap narapidana teroris yang ada di Lapas Serang. 

Kontributor: DR&WA


Cetak   E-mail