Pondok Asimilasi Rutan Rangkasbitung Terima Bibit Pohon dari Dinas Hutbun Lebak

IMG 20161111 101700 HDR WEB

Rangkasbitung, INFO_PAS – Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Rangkasbitung terus meningkatkan kerjasama dan koordinasi dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Lebak. Hal ini ditegaskan oleh Kepala Rutan Rangkasbitung, Sigit Budiyanto, saat dihubungi melalui pesan singkat, Sabtu (12/11) lalu.

“Langkah ini merupakan upaya untuk mewujudkan keterlibatan dan dukungan pemda sebagai salah satu pembina Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) guna mewujudkan sistem Pemasyarakatan yang ideal,” terangnya.

Sigit menuturkan dirinya telah berkoordinasi secara resmi dengan Pemda Kabupaten Lebak terkait permohonan dukungan, bantuan dan partisipasi mereka untuk bersama-sama melakukan pembinaan kepada WBP yang mayoritas warga Lebak.

“Silaturhami, koordinasi, dan kerjasama dengan Pemda Lebak penting sebagai motivasi tambahan bagi WBP selama menjalani pembinaan dalam masa menjalani proses pidana dan masa pidana. Terlebih lagi 90% dari 206 WBP di Rutan Ranglasbitung merupakan penduduk asli Lebak yang harus mendapat perhatian lebih dari Pemda Lebak guna tercapainya reintegasi sosial yang diharapkan,” tutur Sigit.

Ia menyadari tugas pembinaan kepada WBP tidak bisa dilakukan sendiri oleh pihak rutan, namun butuh keterlibatan masyarakat dan pemda.  “Alhamdulillah kami mendapat respon positif dari Pemda Lebak. Bahkan beberapa dinas telah memberikan dukungan riil, seperti Dinas Pertanian dan kali ini 1.000 bibit pohon dari Dinas Kehutanan dan Perkebunan untuk pengembangan Pondok Asimilasi Rutan Rangkasbitung. Kedepannya kami berharap dukungan dan partisipasi tersebut bisa berjalan secara berkelanjutan dan mencakup aspek teknis dan non teknis,” harap Sigit.

Di tempat terpisah, Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Lebak, H. Kosim Ansori, mengungkapkan pihaknya terbuka dan menyambut hangat koordinasi pihak Rutan Rangkasbitung dan berkomitmen untuk membantu pembinaan pondok asimilasi WBP.

“Kami senang bisa membantu pembinaan WBP. Silakan datang kepada kami. Insya Allah akan kami bantu sesuai tugas kami,” janji Kosim.

Menanggapi hal itu, Kepala Sub Seksi Pelayanan Tahanan Rutan Rangkasbitung, Dede Ukmartalaksan, mengapresiasi niat dan respon yang baik tersebut. Apalagi implementasi dukungannya cepat dan nyata.

“Kami optimis dengan bantuan dan dukungan yang diberikan, Pondok Asimilasi Rutan Rangkasbitung akan semakin berkembang. Area pengolahannya pun akan semakin luas dan wawasan keilmuan dan bekal WBP akan bertambah, terutama di bidang kehutanan dan perkebunan. Semoga kerjasama kita dapat berlangsung lancar dan sukses serta berkesinambungan untuk jangka panjang,” harap Dede.

(baca: WBP Rutan Rangkasbitung Kunjungi Area Pembibitan Dinas Hutbun).

 Kontributor: Pratamadzyogas


Cetak   E-mail