KOMNAS HAM DAN JAJARAN PAS BANTEN KOORDINASIKAN PELAKSANAAN PILKADA BANTEN 2017

20170214 104930.jpg web

Serang, INFO_PAS,  Komisi Nasional Hak Asasi Manusia RI  (Komnasham RI) mendatangi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten untuk mengkoordinasikan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Banten (14/2).

Tim Komnasham RI yang dipimpin oleh Natalius Pigai diterima langsung oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan, Enny Purwaningsih.  Menurut Komisioner Komnasham RI, Natalius Pigai, timnya datang ke Kanwil Kemenkumham Banten untuk mendapatkan laporan langsung dari Kepala Lapas dan Kepala Rutan jajaran Kanwil Banten  terkait kesiapan pilkada provinsi Banten 2017. “Komnasham RI mempunyai kewajiban moril untuk pemenuhan hak-hak konstitusional pada pilkada serentak khususnya di provinsi Banten tidak terkecuali kepada tahanan dan narapidana yang berada di Lapas dan Rutan “ ungkapnya.

Kepala Rutan Tangerang, Masjuno, mengungkapkan bahwa Ia telah berkoordinasi dengan Kapolres setempat untuk tambahan personel terkait pelaksanaan pilkada Banten. “ kami melaksanakan pelayanan publik secara umum dan pelayanan penyelenggaraan pilkada kepada WBP, sehingga kami berkoordinasi dengan kepolisian setempat untuk penambahan personil karena esok (15/2) telah ditetapkan sebagai libur nasional oleh pemerintah “ pungkasnya.

Masih ditempat yang sama, Kasubid Registrasi, Informasi dan Komunikasi, Adang Ruswandi mengatakan adanya perubahan daftar pemilih tetap (DPT) di Lapas dan Rutan disebabkan oleh adanya perpindahan atau mutasi WBP ke Lapas lain, bebas bersyarat dan bebas murni. “pihak lapas dan rutan telah mengirimkan data WBP ke KPU setempat, namun KPU Kab/Kota setempat mempersyaratkan data berupa NIK, KTP, NKK dari WBP sedangkan data kependudukan WBP kadang  disita bahkan dijadikan barang bukti oleh Penyidik, sehingga hak pilih WBP tidak terpenuhi” ujarnya.

Natalius Pigai sangat mengapresiasi masukan dan saran dari peserta rapat. “ ini menjadi bahan evaluasi kami, akan kami advokasikan untuk pelaksanaan pilkada mendatang “tutupnya.